Jumat, 24 Februari 2023

LK. 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi PPG DALAM JABATAN

 

  

No.

Masalah terpilih yang akan diselesaikan

Akar Penyebab masalah

Eksplorasi alternatif solusi

Analisis alternatif solusi

1

Mengapa siswa cenderung kurang memperhatikan (tidak fokus) pada saat pembelajaran PJOK materi Pembelajaran jalan dan lari

Cara mengajar guru yang kurang menarik dan monoton sehingga siswa sulit untuk fokus dalam belajar.

 

 

1.    Sebelum memulai pembelajaran, guru perlu melakukan permainan atau game yang membutuhkan tingkat fokus dan konsentrasi.

2.    Melalui penerapan modifikasi media pembelajaran dalam proses pembelajaran.

3.    Melalui penerapan model pembelajaran yang membuat siswa menjadi aktif, tertarik dan menyenangkan, sehingga siswa dapat fokus dalam belajar.

4.    Guru membangun hubungan timbal balik baik dari guru kepada siswa, siswa dengan siswa yang lainnya, dan

5.    Dengan guru  memberikan apresiasi

Analisis Alternatif Solusi:

Ø  Melalui penerapan model pembelajaran yang membuat siswa menjadi aktif, tertarik dan menyenangkan, sehingga siswa dapat fokus dalam belajar.

Kelebihan: Melalui penerapan model pembelajaran yang inovatif dapat     Memperkuat sikap aktif siswa dan dapat memotivasi siswa untuk belajar, serta membuat siswa lebih tertarik untuk memperhatikan materi pembelajaran.

Kelemahan:

1.    Terbatasnya sapras media pembelajaran olahraga yang dimiliki sekolah.

2.    Kurangnya kemampuan guru dalam membuat alat peraga serta keterbatasannya waktu.

 

 

2

Mengapa  

Siswa kurang aktif dan kurang berpikir kritis dalam pembelajaran PJOK pada materi variasi dan kombinasi gerak dasar permainan bola voli

Cara mengajar guru yang kurang mendorong siswa untuk aktif dan memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS)

 

1.    Peran guru dalam proses pembelajaran berbasis HOTS tidak begitu dominan, guru lebih berperan sebagai fasilitator untuk memberi kemudahan bagi siswa dalam berpikir.

2.    Dengan guru harus mempersiapkan tugas-tugas atau soal yang dapat membuat siswa berpikir kreatif, kritis dan menyelesaikan masalah

3.     Guru lebih banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari dan menemukan sendiri apa saja yang akan dipelajarinya sehingga siswa dapat menguasai keterampilan berpikir tingkat tinggi.

4.    Melalui penerapan gaya mengajar yang merangsang siswa untuk aktif dan berpikir kritis atau atau berpikir tingkat tinggi (HOTS).

Analisis Alternatif Solusi:

Ø  Melalui penerapan menerapkan gaya mengajar yang merangsang siswa untuk aktif dan berpikir kritis atau berpikir tingkat tinggi (HOTS).

Kelebihan: Mendorong siswa untuk lebih aktif dan kreatif. Mendorong siswa untuk berpikir kritis dan mampu mengajukan banyak pertanyaan yang membutuhkan jawaban kritis juga.

 

Kelemahan:

1.    Siswa yang tidak terbiasa dengan gya mengajar tersebut akan ragu-ragu dalam bertindak sehingga seringkali pembelajaran macet di tengah jalan.

2.    Jika jumlah siswa di dalam kelas terlalu banyak, maka guru mungkin akan kesulitan untuk memfasilitasi proses belajar seluruh siswa.

3.    Ketika pembelajaran      disetting dalam kelompok, biasanya akan ada beberapa siswa yang kurang aktif dalam kelompoknya.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Populer