No.
|
Masalah terpilih yang akan diselesaikan |
Akar Penyebab masalah |
Eksplorasi alternatif solusi |
Analisis alternatif solusi |
1 |
Mengapa
siswa cenderung kurang memperhatikan (tidak fokus) pada saat pembelajaran
PJOK materi Pembelajaran jalan dan lari |
Cara mengajar
guru yang kurang menarik dan monoton sehingga siswa sulit untuk fokus dalam
belajar. |
1.
Sebelum memulai pembelajaran,
guru perlu melakukan permainan atau game yang membutuhkan tingkat fokus dan
konsentrasi. 2.
Melalui penerapan modifikasi media
pembelajaran dalam proses pembelajaran. 3.
Melalui penerapan
model pembelajaran yang membuat siswa menjadi aktif, tertarik dan
menyenangkan, sehingga siswa dapat fokus dalam belajar. 4.
Guru membangun hubungan timbal
balik baik dari guru kepada siswa, siswa dengan siswa yang lainnya, dan 5.
Dengan guru memberikan apresiasi |
Analisis Alternatif Solusi: Ø Melalui penerapan model pembelajaran yang membuat siswa menjadi aktif, tertarik
dan menyenangkan, sehingga siswa dapat fokus dalam belajar. Kelebihan: Melalui penerapan
model pembelajaran yang inovatif dapat Memperkuat sikap aktif siswa dan
dapat memotivasi siswa untuk belajar, serta membuat siswa lebih tertarik untuk memperhatikan materi pembelajaran. Kelemahan: 1.
Terbatasnya sapras media pembelajaran olahraga
yang dimiliki sekolah. 2.
Kurangnya kemampuan guru dalam membuat alat
peraga serta keterbatasannya waktu. |
2 |
Mengapa Siswa kurang aktif dan kurang berpikir kritis
dalam pembelajaran PJOK pada materi variasi dan kombinasi gerak dasar
permainan bola voli |
Cara mengajar guru yang kurang mendorong siswa untuk
aktif dan memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) |
1.
Peran guru dalam proses
pembelajaran berbasis HOTS tidak begitu dominan, guru lebih berperan sebagai
fasilitator untuk memberi kemudahan bagi siswa dalam berpikir. 2.
Dengan guru harus mempersiapkan
tugas-tugas atau soal yang dapat membuat siswa berpikir kreatif, kritis dan
menyelesaikan masalah 3.
Guru lebih banyak
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari dan menemukan sendiri apa
saja yang akan dipelajarinya sehingga siswa dapat menguasai keterampilan
berpikir tingkat tinggi. 4.
Melalui
penerapan gaya mengajar yang merangsang siswa untuk aktif dan berpikir kritis
atau atau berpikir tingkat tinggi (HOTS). |
Analisis Alternatif Solusi: Ø
Melalui penerapan menerapkan
gaya mengajar yang merangsang siswa untuk aktif dan berpikir kritis atau
berpikir tingkat tinggi (HOTS). Kelebihan: Mendorong siswa untuk lebih aktif dan kreatif. Mendorong siswa untuk berpikir kritis dan mampu mengajukan
banyak pertanyaan yang membutuhkan jawaban kritis juga. Kelemahan: 1. Siswa yang tidak terbiasa dengan gya mengajar tersebut
akan ragu-ragu dalam bertindak sehingga seringkali pembelajaran macet di
tengah jalan. 2. Jika jumlah siswa di dalam kelas terlalu banyak, maka
guru mungkin akan kesulitan untuk memfasilitasi proses belajar seluruh siswa. 3. Ketika pembelajaran
disetting dalam kelompok, biasanya akan ada beberapa siswa yang kurang
aktif dalam kelompoknya. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar