LK.
2.2 Menentukan Solusi
No |
Eksplorasi
alternatif solusi |
Solusi yang
relevan |
Analisis
penentuan solusi |
Analisis
alternatif solusi |
1 |
1. Sebelum
memulai pembelajaran, guru perlu melakukan permainan atau game yang
membutuhkan tingkat fokus dan konsentrasi. 2. Melalui
penerapan alat dan media pembelajaran serta modifikasi permainan dalam materi
pembelajaran variasi dan kombinasi gerak dasar jalan dan lari 3. Melalui penerapan model pembelajaran yang membuat siswa menjadi
aktif, tertarik dan menyenangkan, sehingga siswa dapat fokus dalam belajar. 4. Guru
membangun hubungan timbal balik baik dari guru kepada siswa, siswa dengan
siswa yang lainnya, dan 5. Dengan
guru memberikan apresiasi |
Melalui
penerapan alat dan media pembelajaran serta modifikasi permainan dalam materi
pembelajaran variasi dan kombinasi gerak dasar jalan dan lari |
1. Untuk mengatasi masalah siswa kurang fokus dalam
belajar, guru dapat menggunakan media pembelajaran audio visual. 2. Melalui penggunaan media kardus dan simpai serta
balok atau papan kayu 3. Penerapan modifikasi permainan lari “kasvol (kasti
voli)” |
Untuk mengatasi masalah siswa kurang fokus dalam
belajar, guru dapat menggunakan media pembelajaran audio visual. Kelebihan : Dapat mendorong minat anak untuk belajar, dengan penerapan media pembelajaran audio
visual dapat memperjelas penyajian informasi atau pesan agar tidak
terlalu verbalistik (berupa kata-kata tertulis atau lisan), Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera.
Memperkuat sikap aktif siswa dan dapat memotivasi siswa untuk belajar,
serta membuat siswa lebih tertarik untuk memperhatikan materi pembelajaran. Kelemahan : 1. Penerapan media pembelajaran audio visual memerlukan
waktu yang perlu disiapkan secara baik, seperti instalasi proyektor, speaker
dan laptop. 2. Terbatasnya jumlah sapras media yang dimiliki sekolah. |
No |
Eksplorasi
alternatif solusi |
Solusi yang
relevan |
Analisis
penentuan solusi |
Analisis
alternatif solusi |
2 |
1. Peran
guru dalam proses pembelajaran berbasis HOTS tidak begitu dominan, guru lebih
berperan sebagai fasilitator untuk memberi kemudahan bagi siswa dalam
berpikir. 2. Dengan
guru harus mempersiapkan tugas-tugas atau soal yang dapat membuat siswa
berpikir kreatif, kritis dan menyelesaikan masalah 3. Guru lebih banyak memberikan kesempatan
kepada siswa untuk mencari dan menemukan sendiri apa saja yang akan
dipelajarinya sehingga siswa dapat menguasai keterampilan berpikir tingkat
tinggi. 4. Melalui
penerapan gaya mengajar yang merangsang siswa untuk aktif dan berpikir kritis
atau atau berpikir tingkat tinggi (HOTS). |
Melalui
penerapan gaya mengajar yang merangsang siswa untuk aktif dan berpikir kritis
atau atau berpikir tingkat tinggi (HOTS). |
1. Guru dapat menggunakan model problem Solving yaitu
memecahkan masalah. Model problem solving ini berpusat kepada siswa dan
menekan siswa untuk berfkir kreatif dan kritis. 2. Melalui penerapan model pembelajaran TGFU (Teaching
Games For Understanding) atau model pembelajaran menggunakan pendekatan
taktik 3. Melalui model Pembelajaran Discovery/Inquairy
Learning |
Melalui penerapan model
pembelajaran TGFU (Teaching Games For Understanding) atau model pembelajaran
menggunakan pendekatan taktik Kelebihan: TGFU atau model
pembelajaran menggunakan pendekatan taktik yaitu model pembelajaran yang
sering diterapkan pada permainan olahraga yang lebih menekankan kepada
pemahaman taktik “bermain”. TGfU adalah sebuah model instruksi yang berfokus
pada pengembangan kemampuan pelajar-pelajarnya untuk memainkan permainan.
Inti dari pendekatan ini adalah penggunaan taktik-taktik kewaspadaan untuk
meningkatkan penampilan di dalam kegiatan-kegiatan jasmani”. Kelemahan: Pembelajaran TGfU lebih
mengedepankan taktik daripada teknik, taktik sebagai unsur yang lebih penting
dalam mengembangkan permainan. TGfU lebih fokus bagaimana siswa bisa bermain
dan tertarik terhadap cabang olahraga dengan memodifikasi lapangan dan aturan
permainan yang dimainkan dalam pertandingan tetapi kurang mendalami bahwa
jika permainan sesungguhnya siswa harus mengedepankan teknik tidak hanya
taktik semata. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar