Hai Sobat PEplay!
Artikel kali ini akan membahas
tentang permainan yang diberi nama “ Permainan Suit and Run”. Permainan ini
sangat cocok dilakukan di lapangan terbuka (outdoor) namun jika cuaca tidak
memungkinkan atau terjadinya hujan permainan ini masih bisa dilakukan
seperti di ruang kelas atau tempat indoor lainya dan tentunya permainan ini menjadi bentuk variasi dari aktivitas pemanasan di dalam pembelajaran Pendidikan jasmani atau Physical Education yang mana memungkinkan siswa untuk tidak jenuh pada saat proses pembelajaran. Sebelum beranjak jauh tentang
cara bermain kita harus tahu dulu apa sih itu permainan suit run?.
Permainan suit and run adalah
permainan yang mengkombinasikan aktivitas suit atau hompimpa dengan aktivitas berlari.
Suit atau suwit merupakan suatu aktivitas yang dilakukan oleh dua orang atau
lebih yang bertujuan untuk mengundi melalui adu jari untuk menentukan siapa
pemenangnya. Permainan ini dapat dilakukan dengan jumlah peserta yang tidak
terbatas dan tentunya cocok dilakukan pada siswa jenjang sekolah dasar kelas
atas hingga sekolah menengah atas (sma). Adapun skema dari permainan ini
terlihat pada gambar dibawah ini:
Baca juga : AKTIVITAS PERMAINAN PENDIDIKAN JASMANI " JALA IKAN"
Teknis dan perlengkapan permainan
ini yaitu sebagai berikut:
Nama permainan : “Suit
and Run”
Perlengkapan :
Teknis Permainan :
1. Membuat lapangan permainan. Menempatkan cone atau pembatas membentuk persegi (seperti pada gambar diatas) ataupun boleh divariasikan dengan bentuk lain seperti membentuk segita persegi panjang dan lainya. Jarak disesuaikan dengan kemampuan siswa atau tersedianya lapangan permainan idealnya untuk anak jenjang SD dapat berjarakan 10x 15 meter. SMP 10x20meter dan Jenjang SMA 15x30meter.
2. Setelah lapangan terbentuk. Guru atau coach menginformasikan kepada siswa bahwa cone atau pembatas merupakan bagian dari POS dimana terdapat 4 POS (seperti gambar diatas)
3. Menentukan dimana posisi pos 1 2 3 dan 4. Permainan dimulai dari pos 1
4. Seluruh pemain atau siswa siap untuk berdiri di depan pos 1. Selanjutnya mereka mencari pasangan untuk melakukan “suit”. siswa atau pemain yang menang maka berlari menuju ke pos 2 dan pemain yang kalah tetap di pos 1. Pemain yang kalah melakukan suit dengan pemain yang kalah dan yang menang dari hasi suit tersebut menuju ke pos 2 begitu seterusnya hingga akhirnya hanya ada satu pemain yang tinggal dipos 1.
5. Pemain yang menang yang menuju pos 2 menunggu pemain lain dari pos 1 untuk melakukan suit kembali. Hasil dari suit tersebut maka pemain yang menang menuju pos 3 dan yang kalah tetap tinggal di pos 2. Begitu seterusnya hinga pemain berhasil menuju pos 4 dan berhasil mengelilingi lapangan permainan yang terdiri dari 4 pos.
6. Guru memberikan peraturan permainan. pemain tercepat yang mampu mengelilingi lapangan permainan yang terdiri dari 4 pos sebanyak 5 kali atau lebih (bukan aturan baku dan dapat di modifikasi) maka dialah pemenangnya.
7. Permainan berakhir ketika beberapa siswa selesai mengelilingi lapangan permainan dan tertinggal 4 pemain di setiap pos.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar